Kenali Fakta Plafon PVC

Salah satu cara untuk mempercantik rumah yang bisa kamu coba ialah dengan memanfaatkan plafon PVC sebagai langit-langit ruangan. Metode ini mungkin terdengar asing sebab penggunaan plafon PVC baru sebatas pada gedung-gedung mewah, hotel, restoran, dan apartemen. 

PVC atau Polivynil Chloride merupakan sejenis polimer yang kerap dijadikan bahan pembuatan pipa air. Di era modern ini, pemanfaatannya meluas termasuk sebagai material plafon PVC.

Keunggulan Plafon PVC:

  • Anti Rayap

Plafon PVC sering dilirik sebagai alternatif dari plafon kayu (lumber ceiling) karena ketahanannya terhadap serangan rayap. Plafon PVC tidak mengandung selulosa yang menjadi makanan utama rayap, sehingga tidak disukai rayap. Kini, plafon PVC tersedia dalam motif serat kayu dengan berbagai varian yang dapat dipilih sesuai dengan design ruanganmu. Selain itu, harga plafon PVC biasanya jauh lebih murah dibandingkan plafon kayu.

  • Anti Bocor (Waterproof) dan Tidak Lapuk

Gypsum merupakan material yang umum dipakai untuk plafon. Gypsum tidak tahan air, rawan akan lapuk dan bocor saat terkena rembesan air. Selain itu, gypsum rawan berjamur apabila dipasang di daerah dengan kelembapan udara tinggi. Plafon PVC mempunyai kelebihan tersendiri karena terbuat dari bahan PVC yang tahan air (waterproof). Seperti pada pipa air, tidak akan terkena rembesan air dan membuat plafon PVC lapuk. Kebocoran dan kelembapan tinggi bukan lagi masalah dengan plafon PVC.

  • Api Tidak Merambat (Self-Extinguishing)

Salah satu faktor yang beresiko meningkatkan kerusakan saat kebakaran adalah plafon yang merambatkan api dan ambruk. Plafon PVC mengurangi resiko ini karena api tidak akan menyebar pada plafon PVC. Plafon PVC hanya akan gosong dan berwarna hitam jika terbakar, namun tidak akan merambatkan api. Begitu sumber api dijauhkan, api pada plafon PVC akan mati dengan sendirinya (self-extinguishing). Keamanannya terhadap api membuat plafon PVC disukai sebagai plafon dapur, rumah, gudang, maupun pabrik.

  • Tidak Memerlukan Finishing

Plafon PVC mempunyai kelebihan tersendiri di mana setiap lembaran plafon PVC merupakan finished product. Maksudnya plafon PVC sudah siap dipasang tanpa memerlukan proses finishing lagi. Biasanya bahan plafon harus diberi finishing untuk memberikan tampilan akhir. Misalnya, gypsum harus didempul supaya rata dan dicat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, proses finishing ini memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Dengan plafon PVC, kamu dapat menghemat waktu dan biaya karena plafon PVC tidak lagi perlu diberi finishing.

  • Pemasangan Praktis dan Cepat

Plafon PVC dipasang dengan sistem interlocking, yaitu dengan menyambungkan setiap lembaran seperti menggabungkan potongan puzzle. Dengan sistem ini, sisi lembaran PVC akan menutupi sekrup sehingga plafon PVC tampak rapi. Selain itu, sistem interlocking mempermudah dan mempercepat instalasi karena tidak perlu lagi meratakan sambungan antar papan.

  • Ringan, Elastis, dan Berstruktur Kuat

Plafon PVC biasanya memiliki ketebalan antara 6-9 mm, dengan ketebalan optimal di 8 mm. Di antara kedua lapisannya terdapat struktur berongga sehingga plafon PVC mempunyai bobot yang ringan, namun masih padat dan kokoh. Plafon PVC yang berkualitas baik memiliki fisik yang elastis sehingga dapat dibentuk melengkung tanpa menjadi patah. Ringan, elastis, dan kokoh menjadi ciri khas unik dari plafon PVC yang tidak ditemui pada bahan lainnya.

  • Bebas Biaya Perawatan

Plafon PVC disukai karena tidak memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kebersihan dan tampilannya. Cara membersihkan plafon PVC sangatlah mudah. Kamu cukup menyeka bagian yang berdebu atau bernoda dengan kain lap dan cairan pembersih yang biasa dipakai di rumah tangga. Plafon ini tidak memerlukan biaya perawatan berkala seperti coating pada plafon kayu. Selain itu, kamu tidak perlu merogoh kocek untuk mengganti plafon yang rusak karena rembesan air, seperti pada gypsum.

Tips Memilih Plafon PVC

  • Kepadatan dan Kelenturan Papan

Plafon PVC yang berkualitas baik memiliki kepadatan yang baik, namun masih cukup lentur sehingga aman saat dipasang. Jika terlalu padat dan keras, plafon PVC akan sulit dibentuk. Namun jika kurang padat, plafon PVC akan mudah rusak saat dipasang atau terkena beban. Biasanya ketebalan 8 mm sudah cukup baik untuk menjadi bahan plafon yang kokoh.

  • Kualitas Printing Motif

Motif yang ada pada plafon PVC biasanya dibuat dengan menempelkan film atau laminasi pada lembaran PVC. Manapun teknik yang dipakai, perlu diperhatikan kualitas hasil cetakan supaya tampilan tampak indah dan elegan. Plafon dengan kualitas printing yang baik memiliki motif yang tampak jelas (tidak pudar) dan tidak akan mudah mengelupas.

  • Pastikan Kode Produksi Sama

Sebelum membeli plafon PVC, pastikan bahwa setiap lembaran PVC berasal dari kode produksi yang sama. Seperti keramik, kode produksi yang berbeda dapat menghasilkan selisih perbedaan warna. Biasanya plafon putih paling rawan tampak belang bila berasal dari kode produksi yang berbeda.

Tertarik Untuk Pasang Plafon PVC?

Tidak perlu bingung mencari toko yang menjual plafon PVC berkualitas baik. PT. Edi Jaya Teknik menyediakan produk plafon PVC berkualitas serta langsung pemasangan plafon dengan tenaga professional berpengalaman. Dengan pilihan motif yang beraneka ragam, kamu bisa bebas mendesign ruanganmu. Yuk, hubungi kami sekarang juga untuk mendiskusikan kebutu


Chat to WhatsApp